Sunday, January 7, 2018

Teknologi menghilangkan human of sense yang alami
Oleh : Fredison A.Royze
Pesatnya perkembangan teknologi digital mengantarkan kita pada tatanan dunia baru. Pentingnya peran teknlogi digital sungguh dirasakan masyarakat dunia masa kini. Inovasi teknologi digital menembus segala macam aspek kehidupan manusia. Teknologi digital berhasil menenggelamkan separuh aktivitas manusia kedalam dunia maya. Hal ini tentunya menyita porsi aktivitas  dan interaksi manusia terhadap sesama disekitarnya  sehingga cenderung individual di dunia nyata dan sosialita di dunia maya.
Fenomena ini sedikit menyimpang jika disandingkan dengan budaya dan adat istiadat masyarakat Indonesia. Pasalnya intisari kebudayaan nusantara yang menjujung tinggi nilai kebersamaan semakin tergerus karena masing-masing orang asik dengan dunianya sendiri.
Dalam dunia bisnis  Teknologi digital  menawarkan transaksi tanpa bertemu muka. menyajikan informasi  Mulai dari jasa transportasi,perhotelan,pariswisata hingga dunia bisnis. Masyarakat dimanjakan dengan segala kemudahan yang ditawarkan teknologi.
Teknologi menawarkan segala macam kemudahan yang seolah mendorong manusia tidak membutuhkan manusia lain. Hal ini mendukung sifat asli manusia yang menginginkan harus adanya cara yang lebih mudah untuk melakukan sesuatu. Berbagai macam perusahaan berlomba-lomba mengembangkan teknogi industry yang tidak tersentuh tangan. Dampaknya tidak sedikit

Diungkapkan, pihak kementerian pada penghujung 2013 lalu telah berhasil membangun 32.208 Satuan Sambungan Layanan (SSL) di wilayah-wilayah non-komersial atau di wilayah yang terletak jauh dari wilayah ibukota. Pembangunan infrastruktur komunikasi tersebut diklaim telah berhasil menjangkau 33.184 desa dari total 72.800 desa di Indonesia. Selain itu, pihak pemerintah juga telah berhasil membangun 1.857 Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK), 5.956 Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan 1.222 PLIK di sentra-sentra produktif.  Pertumbuhan pengguna internet yang kian merata di wilayah-wilayah yang jauh di luar ibukota tersebut merupakan hasil dari upaya pemerintah melalui Kemenkominfo dalam memperkuat basis infrastruktur internet di daerah-daerah, dengan tujuan pemerataan akses informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini didukung dengan adanya provider yang menyediakan jasa internet murah berbasis teknologi mobile, dalam hal ini akses internet melalui smartphone. Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi informasi menembus hingga ke pelosok Nusantara. Tentunya era digital sangat membantu masyarakat untuk mengakses informasi secara cepat. Hal ini didukung dengan adanya teknologi mobile yang ditandai membanjirnya  telepon pintar di pasaran.
bersambungg..... 

No comments:

Post a Comment